Wednesday, December 17, 2014

Resep Pancake Sederhana untuk Keluarga



Pancake merupakan salah satu sajian yang istimewa yang hadir di seluruh negara dengan berbagai macam variasinya yang benar-benar menggugah selera. Selain itu, dengan dasar resep adonan pancake sederhana yang mudah ini kita juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu favorit untuk teman sarapan atau bekal yang praktis. Untuk memenuhi kepraktisan tersebut, terkadang kita hanya membutuhkan topping atau taburan saja sebagai penambah cita rasa atau menjadikan pancake yang sederhana agar menjadi lebih enak dan spesial serta beraneka rasa. Berikut cara membuat pancake yang enak atau kue dadar dengan adonan dasar yang sederhana serta takaran yang pas untuk menu sarapan keluarga kecil bahagia.

Bahan dasar untuk adonan pancake sederhana :
  • 100 gram tepug terigu
  • 30 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm olive oil atau minyak sayur
CARA MEMBUAT PANCAKE SEDERHANA ADNONAN PRAKTIS :
  1. Campurkan terigu, gula pasir, tepung maizena, garam dan baking powder dalam sebuah wadah, aduk rata.
  2. Kocok telur menggunakan kocokan telur dalam wadah terpisah, tambahkan susu lalu aduk rata. Masukkan campuran tepung secara bertahap (2-3 tahap) dan aduk rata. Masukkan olive oil lalu aduk rata lagi tetapi tidak perlu terlalu lama. Tutup wadah dengan plastik dan diamkan adonan sekitar 10 menit, aduk rata lagi nanti saat mau didadar.
  3. Panaskan wajan datar anti lengket di atas api sedang. Bila perlu atau wajan terlalu panas bisa diletakkan di atas lap basah sebentar untuk sedikit mendinginkan bagian pantat wajan kemudian letakkan lagi di atas kompor dengan api kecil saja.
  4. Tuang 1 atau 2 sendok adonan di tengah wajan dan biarkan hingga berbentuk bulat. Masak di atas api kecil sampai timbul gelembung-gelembung udara di permukaan pancake serta berwarna kecoklatan di bagian bawah dengna cara diintip sedikit. Balikkan dengan spatula, angkat setelah matang dan sajikan.
Biasanya Pancake disajikan dengan Maple syrup dan Butter. Tapi orang Indonesia banyaak banget kreasinya untuk makan Pancake. Bisa disajikan dengan Coklat Meses, Keju, Peanut Butter atau dimakan berdampingan dengan buah2an segar.

Untuk kombinasi Energi dari Karbohidrat dan Kesehatan Tubuh.. disarankan menyajikan Pancake dengan Madu dan buah2 segar seperti strawberry atau kiwi. Simpan adonan yg masih tersisa di tempat tertutup, masukkan ke dalam kulkas. 
Resep ini bisa jadi menu harian SArapan pagi yg sehat dan mudah utk keluarga.


No comments:

Post a Comment